3 Tingkah Menyebalkan User iPusnas, Apa Kamu Salah Satunya?



Assalamu'alaikum. Hello!

Apa kabarnya teman-teman? Beberapa bulan lalu aku menginstall aplikasi iPusnas (lagi) di ponselku. Awalnya aku kenal aplikasi ini (dan iJak!) dari temanku yang juga hobi membaca. Semoga Allah membalas kebaikan pemerintah Indonesia yang mengadakan program ini untuk kami kaum doyan baca tapi dana terbatas untuk beli buku baru hehehe.

Setelah menggunakan lagi aplikasi ini setelah beberapa bulan, ada beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan dalam menggunakan iPusnas. Salah satunya adalah bagaimana cara mendapatkan buku bacaan incaran kita di iPusnas yang sudah aku posting di sini. Hal lain yang aku sadari setelah menggunakan aplikasi ini, terlepas dari beberapa mengalami gangguan, salah satu kendala paling menyebalkan ternyata datang dari penggunanya sendiri. YES. There were annoying users on this app.

Menurut aku, ada 3 jenis pengguna/user iPusnas yang ngeselin puoooool.


1. SPAMMING REVIEW TAB

Pernah nggak sih, lagi ngecek tab review di sebuah buku/novel, tapi isinya hanya permintaan DM melulu? Hal ini biasanya terjadi ketika bukunya demand-nya tinggi sementara stok buku yang tersedia terbatas. Banyak banget tuh user yang nggak sabaran dan ngespam di kolom review/komentar dengan permintaan "kalau mau kembalikan bukunya, DM aku ya". Like?! Udah jelas-jelas itu kolomnya buat nulis review, kaaaan. Sebel banget deh. Beberapa orang yang serius nulis review, tulisan mereka jadi tenggelam di bawah banget karena tab teratas diisi dengan permintaan DM ataupun komentar-komentar lainnya.

Please lah, bisa banget kan, tinggal kirim personal message aja pada peminjam terbaru, lalu tentukan tanggal dan jam janjian pengembalian bukunya? Beberapa user yang baik banyak yang pakai cara begini. Atau, tinggal join aja grup whatsapp yang diprakarsai teman-teman user supaya bisa janjian pinjam. Praktis dan nggak mengganggu pengguna lain.


2. NGGAK SOPAN/BAHASA KASAR

Aku pikir kalau udah suka baca, pasti pada bisa jaga bahasa ucapan, apalagi pada sesama orang asing di internet. Iya nggak, sih? Nyatanya nggak begitu, loh. Aku nggak menggeneralisir, ini hanya kaum minoritas (sejauh yang aku tau). Tapi nyatanya emang ada beberapa user yang kalau nulis komentar ataupun pesan pribadi itu pakai bahasanya kurang sopan.

Apa perlu kita sekolah dasar lagi, belajar toleransi lagi? ^^;


3. TUKANG TAHAN BUKU

Pernah nggak, nemu orang yang bolak-balik perpanjang masa pinjam buku, akhirnya bukunya dia tahan terus tapi nggak dibaca-baca? Hahahaha. Kalo boleh jujur, aku adalah salah satunya kalau lagi nggak nemu waktu dan ternyata nggak bisa baca buku yang udah dipinjam. Tapi kalau mau dikembaliin tuh rasanya nanggung banget dan sayang. Nah ini. Ini salah satu user yang ngeselin. Alias aku sendiripun salah satu user yang ngeselin di iPusnas ini. T_T

Maaf ya teman-teman.

Tapi akhir-akhir ini aku relain begitu aja kalau masa pinjamnya udah habis dan nggak punya waktu untuk baca iPusnas. Yaaa terpaksa ngantri lagi dan memasukkan buku yang aku ingin baca ke wishlist. Dulu pernah berhasil pinjam Jakarta Sebelum Pagi, udah di-keep juga, tapi ternyata tetep nggak sempat buka iPusnas. Akhirnya aku kembalikan karena yang ngantri banyak banget. Sampai sekarang aku belum dapat-dapat lagi buku itu. Hahaha. T_T </3


Anyways, itu dia beberapa jenis user iPusnas yang ngeselin alias menyebalkan menurut aku. Gimana menurut kalian?

Comments

Popular Posts