Rekomendasi Lini Novel Tersedia di iPusnas


Assalamu'alaikum. Hello!

Sebagai seorang hopeless romantic, bacaan dan tontonanku kebanyakan berkutat di genre romansa, Entah sejak kapan, rasanya menyenangkan sekali melihat interaksi dua insan yang gemes-gemesan hahahaha. Kayak.... ajaib gitu nggak, sih? Kita kan punya otak yang bisa kita kendalikan dengan segal keterbatasan kita, tapi kalau urusan hati.... beuh. Ternyata jauh lebih sulit dikendalikan. Nyatanya, kalau hati telah jatuh, nggak ada yang bisa mencegah. Nggak ada yang bisa kita jadikan alibi selain takdir Yang Maha Kuasa. :))

Tidak melulu soal romansa, hubungan antar manusia ada banyak jenisnya. Seperti misalnya seseorang yang berinteraksi dengan keluarga, teman, hewan kesayangan, lingkungan, bahkan dengan dirinya sendiri.

Untuk memudahkan pembaca mencari bacaan yang cocok sesuai dengan keinginannya, beberapa penerbit memberi lini atau genre pada buku yang mereka terbitkan. Tentu saja masing-masing lini punya perbedaan dan ciri khas tersendiri. Seperti perbedaan target pembaca, bahasa yang digunakan, dan konflik yang mayoritas diangkat di genre/lini tersebut.

Apa aja sih lini yang bisa teman-teman nikmati di iPusnas? Yuk kita cari tahu!


1. AMORE

Dari namanya sudah jelas banget ya. Amore adalah bahasa Italia (dan Prancis, punya penulisan dan arti yang serupa) yang artinya cinta. Lini yang dikeluarkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama ini secara garis besar menceritakan tentang kisah romansa dewasa.

Konflik yang diangkat di lini Amore ini mayoritas berlatar belakang pernikahan. Gaya bahasanya pun cenderung baku. Sementara background tokoh-tokohnya pun bervariasi, tidak melulu untuk tokoh-tokoh yang berdomisili di kota metropolitan.

Contoh novel yang cukup terkenal di lini ini antara lain Mahogany Hills dan Sincerely Yours karya Tia Widiana, 

Lini ini tampaknya tidak berlanjut setelah tahun 2020, karena sejauh ini aku belum menemukan novel baru di lini Amore (tolong dikoreksi jika informasi ini salah, ya!).   . 

Untuk mencarinya di iPusnas, teman-teman bisa mengetik/memasukkan keyword 'Amore'. Beberapa novel dengan lini ini akan muncul dan bisa teman-teman nikmati.


2. LAIQA

Laiqa adalah lini besutan penerbit PT Elex Media Komputindo. Laiqa sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti pantas/cocok dipilih. Seperti asal namanya, novel-novel di lini Laiqa memiliki latar belakang Islam yang kental. Maka tidak heran jika problematika dan solusi yang disuguhkan berdasarkan syariat Islam.

Lini Laiqa tidak hanya terbatas pada rentang usai tertentu. Ada novel remaja, dewasa muda, hingga dewasa. Background tokoh-tokohnya pun bervariasi, mulai dari anak sekolah dan pesantren, mahasiswa, pegawai, hingga ibu rumah tangga. 

Beberapa novel yang terkenal di lini Laiqa antara lain Wedding Agreement oleh Mia Chuz, Hijab for Sisters series, dan lain-lain.


3. METROPOP dan CITY LITE

Dua lini ini secara garis besar memiliki latar belakang yang sama, hanya saja dikeluarkan oleh dua penerbit berbeda. Metropop diusung oleh PT Gramedia Pustaka Utama, sementara City Lite diusung oleh PT Elex Media Komputindo.

Metropop dan City Lite menyuguhkan cerita-cerita dewasa muda dan/atau dewasa yang tinggal di kota metropolitan. Gaya bahasa yang digunakan cenderung tidak baku dan kekinian. Problematika yang diusung pun khas dengan gaya hidup masyarakat kota.

Beberapa novel yang terkenal di lini/genre ini antara lain Restart dan Ganjil Genap oleh Almira Bastari, Penaka oleh Altami ND, Progressnya Berapa Persen oleh Soraya Nasution, Algoritme Rasa oleh Pradnya Paramitha, dan masih banyak lagi.


4. LE MARIAGE

Le Mariage tidak jauh berbeda dengan Amore yang dikeluarkan oleh GPU, hanya saja lini keluaran Elex Media ini mayoritas fokus pada segala hal yang berbau pernikahan. Mulai dari proses sebelum pernikahan (perjodohan, tunangan, persiapan pernikahan), pesta pernikahan, hingga kehidupan rumah tangga setelah pesta.

Gaya bahasa yang digunakan pun beragam, ada yang menggunakan gaya baku dan ada pula yang non-baku. Problematika yang diusung juga bervariasi, disesuaikan dengan latar belakang tokoh masing-masing.

Beberapa novel lini Le Mariage yang bisa teman-teman nikmati di iPusnas di antaranya seperti Wedding With Converse oleh Inggrid Sonya, Medium Rare Mom oleh Mel Bakara, After Wedding oleh Pradnya Paramitha, dan lain-lain.


5. YOUNG ADULT

Young Adult adalah lini/genre yang diusung oleh Gramedia Pustaka Utama. Lini ini memuat novel-novel dewasa muda sesuai dengan namanya. Maka tidak heran jika tokoh-tokoh novel di lini ini kebanyakan diisi oleh mahasiswa dan pegawai baru yang mulai mengenal dunia kerja.

Konflik yang mengisi novel-novel lini ini kebanyakan membahas tentang mental health dan keresahan dewasa muda pada umumnya seperti berkaitan dengan karir, keluarga, masa depan, dan lain-lain. Gaya bahasanya juga cenderung kekinian.

Beberapa novel di lini yang bisa teman-teman nikmati di iPusnas antara lain Represi oleh Fakhrisina Amalia, Savanna & Samudra dan Pengantin Remaja oleh Ken Terate, Enigma Pasha oleh Akaigita, Harapan dari Tempat Paling Jauh oleh Inggrid Sonya, Orbit Tiga Mimpi dan Surat-Surat yang Tak Pernah Dikirim oleh Miranda Malonka, dan masih banyak lagi.


6. TEENLIT dan LIT

Sama seperti Metropop dan Citylite, Teenlit dan Lit adalah genre yang sama, namun dikeluarkan oleh dua penerbit berbeda. Teenlit dikeluarkan oleh GPU, sementara Lit dikeluarkan oleh Elex Media.

Seperti namanya, lini/genre novel ini berlatar belakang dunia remaja. Tokoh-tokohnya pun kebanyakan diisi oleh remaja atau ABG. Gaya berbahasa yang digunakan pun cenderung kekinian dan gaul, mengusung beberapa istilah baru yang trendi di kalangan anak muda.

Karena pemerannya adalah remaja, maka tidak heran jika latar tempat dan konflik yang mengelilingi sangat khas remaja. Seperti misalnya konflik siswa di sekolah dengan teman, guru, orang tua, hingga dengan perasaan merah jambu yang baru dikenalnya,

Beberapa novel Teenlit dan Lit yang bisa kita nikmati di iPusnas seperti Let Go oleh Windhy Puspitadewi, Nagra dan Aru oleh Inggris Sonya dan Jenny Thalia, Jurnal Jo dan Minoel oleh Ken Terate, Satu Kelas dan Hello Mello oleh Citra Novy, Say Hi! oleh Inggrid Sonya, dan masih banyak lagi.


Gimana? Jadi makin tertarik untuk mencari hidden gems novel di iPusnas sesuai genrenya? Beberapa genre di atas boleh dicoba sesuai dengan selera teman-teman.

Kalau udah nemu novel yang seru sesuai genrenya, boleh banget dong rekomendasiin di kolom komentar. :)

Selamat membaca!

Comments

Popular Posts